Rabu, 20 Mei 2009

Manfaat Situs Website Untuk Sektor Pertanian

Pendahuluan

Latar Belakang
Perkembangan pertanian di dunia ini sudah sangat pesat hal ini disebabkan oleh tuntutan terhadap pemenuhan kebutuhan hidup yang semakin besar dan persaingan untuk memperoleh produk pertanian yang terbaik. Perkembangan pertanian yang sudah sangat maju tersebut tidak lepas dari usaha dan kerja keras dari berbagai pihak. Sekarang ini kemajuan pertanian di dunia masih dikuasai oleh Negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, Australia dan Negara-negara berkembang lainnya. Hal itu karena Negara-negara tersebut didukung oleh ilmu pengetahuan dan perlatan yang canggih.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia tidak dapat dibendung lagi. Jadi apabila orang tidak siap menghadapi persaingan yang ada maka dia akan disingkirkan dan menjadi orang yang tertinggal terus. Sehingga mau atau tidak mau kita harus turun pula di medan laga persaingan, terlebih lagi sebentar lagi Indonesia akan menghadapi era globalisasi dimana persaingan tidak hanya antar teman ataupun antar warga Negara Indonesia saja melainkan akan menghadapi persaingan dunia. Dapat dibayangkan orang-orang yang paling pandai dan orang-orang yang paling tanggug diseluruh dunia akan bertarung memperebutkan dan menguasai pasar dunia.

Dasar Teori

Untuk mengejar ketertinggalan kita akan informasi yang ada, maka penggunaan teknologi informasi menjadi senjata utama. Contoh teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan sekarang ini adalah website. Situs web adalah sebutan dari sekelompok halaman web yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain atau sub domain di world wide web (www) di internet (Wikipedia.2006a).
Selain memudahkan dalam menyebarkan dan menerima informasi, teknolgi internet juga dapat meningkatkan efisiensi dan kemampuan organisasi, mempercepat penyebarluasan informasi, mempercepat pengolahan data, meningkatkan kualitas informasi, memungkinkan pemanfaatan bersama sumber daya informasi dan penggunaan informasi yang luas (Sankarto.2002). Internet dikenal di Indonesia sejak tahun 1995. Sejalan dengan itu, penyedia layanan internet (ISP) pun berkembang pesat sehingga makin mempopulerkan penggunaan internet baik di kalangan peneliti, pengajar maupun pelajar/mahasiswa. Mereka umumnya memanfaatkan internet untuk menelusur literatur, berkomunikasi dengan rekan sejawat, juga mungkin untuk mencari hiburan. Bagi pengusaha, internet umumnya dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, antara lain untuk berkomunikasi dengan rekanan dan bertransaksi(Sri.2005).
Teknologi penyampaian informasi yang meliputi media, metode, sistem dan kelembagaan serta dukungan permodalan sangat perlu untuk dikembangkan dan dioptimalkan perannya dalam mewujudkan pertanian nasional yang tangguh dan mampu bersaing dalam era pasar bebas yang akan datang. Hal tersebut tersebut terakit dengan strategi pemasaran produk-produk pertanian (Supriyanto.2006).
Di Indonesia banyak sekali permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh petani. Diantaranya adalah masalah pemasaran. Petani sering dirugikan oleh permainan berbagai spekulan atau orang yang membeli hasil panen dari petani. Pada saat hasil panen jatuh harga merangkak naik namun pada saat hasil panen bagus dimana petani ingin mendapat keuntungan yang besar dari hasil tersebut tiba-tiba harga jatuh. Dalam masalah seperti ini petani akan terus dilanda kerugian terus dan tidak akan berkembang. Namun petanipun tidak berdaya menghadapi hal tersebut dikarenakan keterbatasan jaringan yang dimiliki, sehingga petani tidak ada jalan lain kecuali menjual barang ke spekulan. Oleh sebab itu web dapat dijadikan solusi untuk menghadapi permasalahan tersebut. Dapat dijadikan sebagai alat untuk menjual produk-produk pertanian. Salah satu contoh alamat web dapat dijadikan alat untuk menawarkan barang-barang pertanian adalah http://www.Indonetwork.co.id//. Perusahaan ini beralamat di Ruko Panji Makmur C-9 Jl.Raya Panjang Jiwo 46 Surabaya(Supriyanto.2006).


Permasalahan

Permasalahan yang dihadapi sekarang ini adalah bisa tidak petani kita menggunakan internet?memanfaatkan situs web?membuat situs web?



Pembahasan

Dari permasalahan yang telah diuraikan diatas dapat langsung dijawab bahwa sebagian besar petani kita belum bisa menggunakan internet apalagi memanfaatkan atau membuat situs internet, kecuali petani yang mempunyai dasar pendidikan yang tinggi atau petani yang taraf ekonominya tinggi. Namun dapat ditaksir berapa banyak petani kita yang mempunyai kriteria tersebut, petani di Negara Indonesia sebagian besar berpendidikan rendah dan taraf perekonomian yang sederhana. Bahkan tidak menutup kemungkinan banyak diantara petani kita yang buta huruf.

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan
Teknologi informasi merupakan alat yang sangat berguna bagi perkembangan ilmu dan teknologi khususnya yang berhubungan dengan pertanian. Negara kita cenderung tertinggal dengan Negara-negara berkembang seperti Amerika, Jepang, Australia dan Negara-negara berkembang lainnya dalam segala bidang apalagi sektor pertanian. Untuk hal tersebut agar kita bisa mengejar mereka, kita membutuhkan informasi dan teknologi. Hal tersebut kita bisa menggunakan jaringan internet yang berupa stus web.

Saran
Dalam pelaksanaan ternyata menemui hambatan yaitu tidak semua petani bisa menggunakan internet apalagi memanfaatkan situs web. Oleh sebab itu kita-kita sebagai orang yang berpendidikan tinggi ahru bisa mengarahkan petani agar petani bisa berkembang dengan baik paling tidak, bisa berbudidaya dengan baik dan benar sehingga hasil panen bisa ditingkatkan. Serta memberi bekal kepada petani bagaimana cara menjual hasil panen sehingga petani tidak lagi tergantung pada spekulan dalam memasarkan hasil produksinya.

Daftar Pustaka
Retno Andarwati, Sri dan Sankarto Bambang,S.2005. Pemenuhan Kepuasan Pengguna Internet Oleh Peneliti Badan Litbang Pertanian Di Bogor.Pusat Perpustakaan dan Teknologi Pertanian.
Sankarto, B.S., E. Budiarto, dan B. Winarko. 2002. Pedoman Pemanfaatan Internet dan Pengoperasian CD-ROM. Bogor: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.
Supriyanto,dkk.2006. Analisis Struktur Periklanan Pertanian Pada Jaringan Internet Indonetwork. STTP:Yogyakarta.
Wikipedia. 2006a. Situs web. http://id.wikipedia.org/wiki/ Situs_web. [28 Juni 2006].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar